Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

10.31.2015

Menjaga Ekosistem Vagina sebagai Salah Satu Cara Membersihkan Vagina yang Benar

cara membersihkan vagina yang benar
Menjaga Ekosistem Vagina sebagai Salah Satu Cara Membersihkan Vagina yang Benar - Ekosistem vagina adalah suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara unsur lingkungan hidup yang ada di dalam vagina dan saling memengaruhi. Ekosistem vagina dipengaruhi dua unsur utama yaitu abiotik dan biotik. Membersihkan vagina yang benar tersebut dipengaruhi oleh hormon wanita (estrogen), pH (tingkat keasaman) dan flora normal vagina (keseimbangan bakteri dalam vagina).

Flora Normal Vagina

Estrogen berperan menentukan seberapa besar kadar glikogen (yaitu zat gula yang berfungsi sebagai energi cadangan/simpanan pada sel tubuh manusia) di dalam sel epitel dinding – dinding vagina. Sedangkan Glikogen berperan penting sebagai nutrisi atau gizi bagi keseimbangan bakteri, termasuk bakteri probiotik lactobacillus yang akan dimetabolisme untuk pertumbuhannya. Sedangkan sisa metabolisme tersebut adalah asam laktat, yang sangat menentukan suasana asam di dalam vagina. Idealnya flora normal vagina adalah sedikit asam, dengan pH 3,8-4,2.
Salah satu cara menjaga ekosistem vagina adalah dengan menjaga keseimbangan mikro flora vagina. Agar flora normal vagina dapat terjaga secara seimbang adalah dengan menjaga populasi bakteri menguntungkan, dalam hal ini bakteri probiotik. Jenis lactobacillus adalah yang paling umum ditemukan pada vagina. Bakteri probiotik inilah yang membantu memproduksi asam laktat dan menjaga keseimbangan pH alami vagina supaya jamur serta bakteri merugikan (bakteri patogen) tidak bisa melebihi populasi bakteri probiotik. Bakteri inilah yang selalu menjaga ruang – ruang pada lingkungan vagina agar tak diisi secara berlebihan oleh bakteri patogen. Menggunakan produk spray/semprot atau produk untuk membasuh/cebok yang berbasis probiotik untuk menjaga keseimbangan flora normal vagina adalah salah satu cara membersihkan vagina yang benar dan tepat.

Cara Membersihkan Vagina yang Benar

Cara membersihkan vagina yang benar tentu memberikan kepuasan bagi si empunya vagina, terutama dari sisi kesehatan dan kecantikan vagina. Banyak saran para ahli untuk memperoleh kesehatan dan kecantikan vagina melalui cara - cara membersihkan vagina yang benar. Namun yang terpenting adalah memperhatikan kesehatan dan kecantikan vagina dari luar dan dalam, sehingga kesehatan dan kecantikan itu nyata adanya. Tidak hanya memperhatikan penampilan dengan cara membersihkan vagina dari luar semata. Cara membersihkan vagina dari luar itu sudah baik, karena itulah bagian dari kesehatan dan kecantikan vagina secara utuh, tinggal melengkapi saja dengan nutrisi yang harus diminum/konsumsi sebagai salah satu cara membersihkan vagina yang benar dari dalam tubuh.
Tak jarang para ahli sangat menyarankan untuk menjaga ekosistem vagina sebagai salah satu cara membersihkan vagina yang benar juga dengan mengkonsumsi rutin suplemen probiotik yang bagus. Dengan mengkonsumsi suplemen probiotik sari buah atau sari rempah sama saja kita telah menjaga tiga hal tersebut diatas yang mempengaruhi ekosistem vagina, yaitu: hormon wanita (estrogen), pH (tingkat keasaman) dan flora normal vagina (keseimbangan bakteri dalam vagina).
Alasan para ahli sangat logis, bagaimana mungkin produk yang hanya digunakan dari luar (sabun, spray, stik intim) bisa mempengaruhi/memperbaiki kondisi hormon wanita (estrogen) secara cepat, Apalagi untuk memperbaiki siklus datang bulan, siklus pembuahan. Menjadi cepat hamil pun harus menggunakan produk suplemen probiotik yang bagus untuk dikonsumsi sebagai alternatif terapi dari dalam tubuh dan bisa juga ditambah dengan menggunakan produk untuk membersihkan vagina yang benar dari luar, contohnya seperti produk Vie XV, VX, sabun pH rendah shovie soap, dan lain – lain. Menjadi cepat hamil tidak cukup menggunakan cara membersihkan vagina yang benar dari luar saja.

Cara Membersihkan Vagina yang Salah

Cara membersihkan vagina yang salah itu sering ditemukan terutama pada saat praktek membersihkannya dari luar tubuh, yaitu ketika memahami secara sempit penggunaan produk antiseptik vagina. Penggunaan antiseptik vagina secara berlebihan adalah salah satu contoh cara membersihkan vagina yang salah, sebab antiseptik tersebut akan membunuh tidak hanya bakteri merugikan (bakteri patogen) dan jamur, melainkan juga membunuh populasi bakteri menguntungkan (bakteri probiotik) dalam vagina.
Penggunaan antiseptik bukan dimaksudkan untuk membersihkan vagina setiap hari, hanya bisa digunakan saat terjadi iritasi, gatal pada vagina maupun infeksi. Sebagian wanita juga ada yang beranggapan bahwa vagina terasa bersih, tidak berbau, seret dan keset adalah karena penggunaan antiseptik tersebut. Namun demikian, vagina rasa dan seret yang berlebihan dan tak bisa terangsang serta tak bisa mengeluarkan pelumas yang cukup adalah tanda pH vagina mulai naik, vagina seret dan keset yang berlebihan justru membuat vagina rentan terkena infeksi.
Cara membersihkan vagina yang benar justru menghasilkan vagina seret dan keset secara tidak berlebihan, mudah terangsang, mengeluarkan pelumas saat terangsang, dan beraroma khas, tidak berbau amis. Rawatlah saja vagina Anda seperti begini agar pasangan intim selalu betah di ranjang.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Kebersihan Vagina

Selain cara membersihkan vagina yang benar akan menjamin kesehatan dan kecantikan vagina, ada juga faktor lain yang ikut mempengaruhi kebersihan vagina dan ekosistemnya, seperti:
  • Kebiasaan menjaga kebersihan yang tidak dilakukan, yaitu malas mengganti pakaian dalam dan menggunakan pakaian yang terlalu ketat.
  • Konsumsi antibiotik berlebihan.
  • Sisa darah haid dan semen (cairan sperma) tidak dibersihkan.
  • Penggunaan produk pembersih vagina yang salah.
Apapun itu cara Anda, menjaga ekosistem vagina sebagai salah satu cara membersihkan vagina yang benar adalah upaya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan vagina demi keharmonisan keluarga.
Semoga bermanfaat, boleh dishare/dibagikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menjaga Ekosistem Vagina sebagai Salah Satu Cara Membersihkan Vagina yang Benar

4 comments:

  1. ane cowok tp baca artikel beginian, tp gak pa2 vuat nambah wawasan

    ReplyDelete
  2. Info yang menarik Gan

    ReplyDelete
  3. ribet ya untung aku bkn cewe...

    ReplyDelete
  4. wew ekosistem vagina????? baru dnger ane.heee

    ReplyDelete